Tips Tetap Fokus Belajar Saat Berpuasa

Meski di bulan Ramadhan, bulan dimana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, jangan sampai aktifitas kita jadi tidak produktif. Terlebih buat sobat SS, yang jadwal SPMB PKN STAN semakin dekat. Jangan sampai puasa menjadi alasan kalian untuk tidak belajar untuk mempersiapkan SPMB PKN STAN ya. Makanya sobat SS perlu mengetahui bagaimana sih agar belajar kalian di bulan puasa tetap efektif.

Berikut kami berikan tips belajar buat sobat SS yang bisa kalian gunakan  agar proses belajar tetap efektif saat berpuasa:

1. Sahur dengan makanan yang bergizi

Makan makanan bergizi saat sahur akan membantu tubuh kalian agar tetap fit selama puasa. Daging, sayuran dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi membuat tubuh kalian menyimpan lebih banyak energi. Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak juga ya.

2. Belajar sedikit setelah sahur

Belajarlah setelah sahur selama 30-60 menit, karena energi kalian masih terisi banyak dan konsentrasi masih terjaga.

3. Belajar di siang hari

Pastikan kalian sudah beristirahat sebelum belajar di siang hari. Dengan tidur terlebih dahulu sebelum belajar  akan membuat otak kalian dan pikiran kalian jernih dan dapat menghilangkan kantuk saat belajar.

4. Jangan terlalu memaksakan

Jangan belajar terlalu keras ataupun memaksakan. Belajarlah tentang materi yang tidak begitu berat dan mudah dicerna. Baru di malam harinya, sebelum kalian tidur kalian bisa belajar kembali dengan menaikkan level materi yang kalian pelajari.

5. Niat

Semua langkah-langkah dari poin 1 sampai 4 akan sia-sia apabila kalian masih bermalas-malasan untuk belajar. Jadi luruskan niat kalian terlebih dahulu untuk belajar. Sehingga tujuan kalian belajar untuk memperdalam materi dan meningkatkan kemampuan kalian bisa tercapai. Semangat ya the next stanners!!

 

(Kredit foto: Almira Yumna)